Prototipe Sistem Peringatan dan Kontrol Jaring Otomatis Dengan Metode Fuzzy Untuk Mitigasi Risiko Lepasnya Ikan Saat Banjir di Tambak Berbasis IoT (Internet of Things)

Firmansyah, Muhammad Farid (2024) Prototipe Sistem Peringatan dan Kontrol Jaring Otomatis Dengan Metode Fuzzy Untuk Mitigasi Risiko Lepasnya Ikan Saat Banjir di Tambak Berbasis IoT (Internet of Things). Jurnal Riset Rekayasa Elektro, 6 (1). pp. 37-48. ISSN 2685-5313

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal Farid.pdf

Download (463kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel Farid.pdf

Download (786kB)
Official URL: https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JRRE/ar...

Abstract

Perubahan iklim yang meningkatkan frekuensi dan keparahan bencana alam, termasuk banjir, memiliki dampak yang signifikan pada infrastruktur, keuangan, dan tambak ikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe deteksi, peringatan, dan pengendalian banjir tambak ikan secara real-time. Prototipe ini menggunakan mikrokontroler ESP32 yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik HC-SR04 untuk memantau ketinggian air, dan sensor aliran air YF-S201 untuk mendeteksi laju aliran air. Data dari kedua sensor tersebut diproses menggunakan logika fuzzy untuk menentukan tingkat bahaya banjir, yang selanjutnya digunakan untuk mengaktifkan motor servo sehingga jaring tambak dapat diangkat sesuai dengan ketinggian air yang terdeteksi. Selain itu, alarm peringatan banjir akan berbunyi melalui buzzer, dan notifikasi mengenai tingkat bahaya banjir akan dikirim melalui aplikasi blynk. Dengan sistem ini, para petambak dapat memantau kondisi tambak dari jarak jauh, merespons banjir dengan cepat, dan mengurangi risiko kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Banjir, Sensor Ultrasonik HC-SR04, Mikrokontroler ESP32, Logika Fuzzy, Aplikasi Blynk
Subjects: Engineering > Electronical Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electronical Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Farid Firmansyah
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:36
Last Modified: 30 Jul 2024 03:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item