Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 Tahun Di TK ABA 42 GBA

Zulwati, Putri Rahma (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 Tahun Di TK ABA 42 GBA. Jurnal Golden Age, 6 (2). pp. 635-647. ISSN 2549-7367

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL..pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel_Putri Rahma Zulwati.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/i...

Abstract

Perkembangan kognitif adalah tahapan perubahan yang terjadi selama hidup seseorang untuk memahami, memproses informasi, memecahkan masalah, dan mengetahui sesuatu. Menurut Piaget perkembangan kognitif adalah kegiatan seorang anak bagaimana ia beradaptasi dan menginterpretasikan obyek serta kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar dirinya. Dalam perkembangan kognitif anak usia dini akan berkembang apabila diberikan stimulasi seperti kegiatan belajar, memecahkan masalah dan bereksperimen.. Dalam pembelajaran mengenal lingkungan alam subtema berkebun. Hasil analisis kebutuhan pengembangan,variasi media untuk proses pembelajaran masih terbatas. Pengamatan peneliti ketika di sekolah , media yang digunakan guru yaitu gambar berupa foto foto. Peneliti memandang perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis pop up book mari berkebun untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam hal mengenal lingkungan alam tema berkebun. Pop up book dinilai dari 3 aspek yakni keefesiensi, kemenarikan, dan keefektifan. Teknik yang digunakan peneliti dalam pop up mari berkebun yakni dengan teknik V folding. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Hasil penilaian validasi ahli media menunjukkan presentase 97,2% dan ahli materi menunjukkan presentase 100% yang berarti sangat efektif untuk digunakan. Hasil uji Wilcoxon untuk efektifitas media pop up book dalam uji coba lapangan awal adalah 0.000<0.05 sedangkan hasil dari uji coba lapangan utama adalah 0.000<0.05. Kedua nilai tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media pop up book terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak. Dari hasil kelayakan dan keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pop up book mari berkebun layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam hal mngenal lingkungan alam dalam materi berkebun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Media Pembelajaran, Pop Up Book
Subjects: Early Childhood Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Education of Early Childhood Teacher Study Program
Depositing User: Putri Rahma Zulwati
Date Deposited: 01 Apr 2024 22:32
Last Modified: 01 Apr 2024 22:32
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11331

Actions (login required)

View Item View Item