Septiani, Shilla Ninda (2024) Pengaruh Konformitas dan Fanship terhadap Perilaku Konsumtif Merchandise pada Penggemar K-Pop di Gresik. Jurnal Intensi : Integrasi Riset Psikologi, 2 (2). pp. 36-45. ISSN 3048-3298
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PSI_200701051_Jurnal.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise pada penggemar k-pop di Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah penggemar k-pop di Gresik sebanyak 181 orang yang tergabung dalam grup whatsapp dan pernah melakukan pembelian merchandise. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling kuota. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri atas tiga skala yaitu skala perilaku konsumtif, skala konformitas, dan skala fanship. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise dengan nilai F sebesar 50,473 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif sebesar 36,2%. Mayoritas subjek dalam penelitian ini memiliki konformitas, fanship dan perilaku konsumtif dengan kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konformitas, Fanship, Perilaku Konsumtif |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Shilla Ninda Septiani |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 17:42 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 17:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11643 |
Actions (login required)
View Item |