Pengembangan Media Scrapbook Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V di Sekolah Dasar

Afifa, Meliani Dwi (2022) Pengembangan Media Scrapbook Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7 (1). pp. 166-177. ISSN 2581-1843

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD.pdf

Download (911kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/66995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Scrapbook materi sistem peredaran darah manusia kelas V di Sekolah Dasar dan mengetahui kelayakan media yang dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap media Scrapbook pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan model (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, THB dan angket. Hasil yang diperoleh antara lain, a) hasil validasi dari 2 validator ahli media dalam menilai Scrapbook menyatakan valid dan hasil validasi dari 2 validator ahli materi Scrapbook menyatakan sangat valid, b) Media scapbook peredaran darah efektif digunakan dalam kelas, dan c) hasil respon pengguna media Scrapbook dalam kategori sangat baik. Media Scrapbook pada materi sistem peredaran darah manusia secara keseluruhan memperolah nilai sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran materi peredaran darah di kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ADDIE, scrapbook , human circulatory system
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Meliani Dwi Afifa
Date Deposited: 01 Apr 2024 21:56
Last Modified: 01 Apr 2024 21:56
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item