Pengaruh Perhatian Orang Tua Bekerja Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di UPT SDN 65 Gresik

Dilaga, Muhammad Alfaqih Surya (2024) Pengaruh Perhatian Orang Tua Bekerja Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di UPT SDN 65 Gresik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2 (11). pp. 1-5. ISSN 13025-12061

[img]
Preview
Text
2024_TA_PAI_190501011_Halaman Pernyataan Publikasi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PAI_190501011_Jurnal.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/artic...

Abstract

Dalam proses pendidikan peran orang tua sangat penting terhadap kelangsungan hidup anaknya. Apalagi pendidikan yang paling pertama dahulu bukan dari sekolah manapun ataupun lembaga lain melainkan dari orang tuanya itu sendiri. Tanpa bimbingan orang tua, minat, keterampilan, dan potensi akademik anak tidak akan berkembang. Apalagi keika kedua orang tua bekerja seorang anak kadangkala kurang mendapatkan perhatian. Pendidikan agama islam ialah pembelajaran yang penting dimiliki oleh setiap umat muslim karena di dalamnya terdapat berbagai aspek terkait dengan keagamaan dan nilai keislaman. Orang tua harus terus menunjukkan perhatiannya untuk anak mereka supaya tertarik untuk belajar. Dalam pendekatan ini, anak-anak secara konsisten termotivasi untuk semangat dalam belajarnya. Dalam penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan mempergunakan teknik analisis asosiatif yang didukung bantuan SPSS yang terdiri dari 24 sampel yaitu siswa di UPT SDN 65 Gresik. Dengan nilai dari Uji Regresi Sederhana yaitu 5.133 dan besarnya pengaruh berada pada 54,5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh dari perhatian orang tua bekerja terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa di UPT SDN 65 Gresik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Bekerja, Motivasi Belajar
Subjects: Islamic Religion
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Alfaqih Surya Dilaga
Date Deposited: 07 Apr 2024 18:21
Last Modified: 07 Apr 2024 18:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item