Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Melalui Google Classroom

Insani, Silvia Alda Setya (2024) Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Melalui Google Classroom. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 104-116. ISSN 2723-0597

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Artikel Silvia Alda S.I.pdf

Download (261kB) | Preview
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/artic...

Abstract

Skripsi ini mengkaji perbandingan hasil belajar antara pendekatan saintifik dan kontekstual yang diterapkan melalui Google Classroom pada siswa kelas VII di MTs Masudiyah giri Gresik. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) mengkaji hasil belajar siswa setelah guru menerapkan pendekatan saintifik pada kelas VII-B di MTs Masudiyah Gresik, 2) mengevaluasi capaian pembelajaran matematika siswa menerapkan pendekatan kontekstual pada kelas VII-C di MTs Masudiyah Gresik, 3) menentukan perbandingan yang nyata dalam capaian pembelajaran yang di ajar pendekatan saintifik dan kontekstual pada siswa kelas vii di MTs Masudiyah Gresik Jenis penelitian ini adalah komperatif, dengan populasi yang mencakup siswa kelas VII di MTs Masudiyah Gresik yang terdiri dari 3 ruang kelas yaitu VII-A,VII-B, dan VII-C. sampel penelitian yang diambil kelasVII-B dan kelas VII-C. dengan Teknik pengambilan sampel menetapkan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Instrument yang dipakai pada penelitian ini berupa tes. Teknik analisa data yang dimanfaatkan yakni analisis statistic deskriptif dan statistika inferensial. Dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menerapkan pendekatan saintifik meningkat dari 70,93 menjadi 79,96 dan untuk rata-rata hasil belajar memanfaatkan pendekatan kontekstual juga mengalami peningkatan dari 70,36 menjadi 80,32. Hasil analisis inferensial nyatakan bahwasanya adanya perubahan yang nyata dalam pelaksanaaan pendekatan saintifk dan kontekstual dimana dengan nilai sig yang dihitung sebesar 0,00, yang lebih kecil dari α = 0,05 (0,00 < 0,05). Ini berarti Ho disetujui

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, saintifik, kontekstual
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: silvia alda setya insani
Date Deposited: 12 Apr 2024 21:25
Last Modified: 12 Apr 2024 21:25
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item