Pengembangan Media Snake Board Game Pada Materi Macam-Macam Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Doudo

Lestari, Tiara Novita (2024) Pengembangan Media Snake Board Game Pada Materi Macam-Macam Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Doudo. Sindoro Cendikia Pendidikan, 6 (11). pp. 91-100. ISSN 3025-6488

[img]
Preview
Text
2024_TA_PGSD_200404036_Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
2024_TA_PGSD_200404036_Artikel.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindoroc...

Abstract

Latar belakang dari permasalahan penelitian pengembanagn ini adalah minimnya materi muatan IPS pemanfaatan media pembelajaran sekedar dalam gambar-gambar sederhana, keterbatasan waktu dari pendidik juga menyebabkan tidak terciptanya media yang secara khusus untuk pembelajaran IPS. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Media Snake Board Game pada Materi Macammacam Pekerjaan untuk Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Doudo dan mengetahui kevalidan, respon peserta didik serta efektifitas media pembelajaran Media Snake Board Game pada Materi Macam-macam Pekerjaan . Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelas IV MI Muhammadiyah Doudo , yang terdiri dari 8 peserta didik serta 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi yang ahli dalam bidangnya. Teknik pengumpulan data dan instrument menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran Snake Board Game sesuai dengan kualitas media pembelajaran, yaitu: a) hasil validasi media Snake Board Game yang dilakukan oleh 2 validator ahli media diperoleh rata-rata validasi media sebesar 90,62% dikategorikan sangat valid. serta 2 validator ahli materi memperoleh presentase rata-rata 86,25% kategori sangat valid, b)Respon peserta didik yang telah dihitung memperoleh skor sebesar 90,75%. Hasil yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan pada proses pembelajaran. c) media pembelajaran dikategorikan efektif, Hasil nilai rata-rata tes memperoleh skor 97,5 dan seluruh peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 75 dan tuntas belajar pada kegiatan tes dengan mendapatkan persentase 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Model Penelitian ADDIE, Media Pembelejaran Snake Board Game
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Tiara Novita Lestari
Date Deposited: 12 Apr 2024 19:01
Last Modified: 12 Apr 2024 19:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item