Nurlaily, Regina Dwi (2024) Implementasi Relationship Marketing Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 12 (10). pp. 21-30. ISSN 3025-9495
|
Text
Halaman Persetujuan .pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan jasa konstruksi. Relationship marketing dipandang sebagai strategi penting dalam membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan, yang berperan krusial di industri konstruksi yang dinamis dan kompetitif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan jasa konstruksi belum sepenuhnya mengimplementasikan strategi relationship marketing, yang berdampak pada tingkat loyalitas pelanggan yang masih fluktuatif. Hambatan utama yang dihadapi adalah pemanfaatan teknologi yang kurang optimal serta komunikasi yang belum efektif selama proyek berlangsung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM), pengembangan program loyalitas, dan pelatihan karyawan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendukung pertumbuhan perusahaan di masa mendatang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relationship;loyalty;communication |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Regina Dwi Nurlaily |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |