PERANAN PENDIDIKAN AL ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

Sari, Gain Rasio Ratna (2014) PERANAN PENDIDIKAN AL ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan dalam pembentukan karakter siswa, khususnya peranan pendidikan Al Islam. Pendidikan seharusnya dapat memberikan pencerahan yang memadai bahwa pendidikan harus berdampak pada watak manusia. Κonteks pendidikan karakter dapat dikatakan bahwa kemampuan yang harus dikembangkan pada peserta didik melalui sekolah adalah berbagai kemampuan yang akan menjadikan manusia sebagai makhluk yang berketuhanan (tunduk dan patuh pada konsep ketuhanan) dan mengemban amanah sebagai pemimpin di dunia. Pengeseran zaman yang cepat mengakibatkan pengembangan dan perubahan pada beragam aspek di berbagai belahan negara. Tak terkecuali aspek pendidikan yang merupakan penanda kualitas dan mutu tiap individu di suatu daerah. Keseluruhan unsur pendidikan pun ikut teraliri arus perubahan yang tak terbendung lagi. Maraknya perubahan dan penodaan moral semata-mata dimulai dari kurangnya akhlak atau karakter yang bersifat agamis pada diri seseorang. Permasalahan ini berawal dari sebuah realita yang ada di sekeliling kehidupan yaitu munculnya berbagai permasalahan yang berkaitan dengan karakter. Pembentukan karakter yang belum sempurna. Adanya pergaulan bebas menunjukkan bahwa lembaga pendidikan belum mampu menerapkan pendidikan karakter dengan sempurna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan secara kualitatif, yaitu wawancara. Sumber data terdiri dari dua, yaitu data primer berasal informan-informan yaitu dewan guru dan siswa, dan data sekunder yang berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung dalam penyelesaian skripsi ini. Pengumpulan data dalam hal ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung atau Participant Observation, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi data, (3) penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini terkait dengan (1) Proses pembelajaran Al Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme, (3) Peranan pendidikan Al Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:21
Last Modified: 26 Jun 2019 04:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item