Penerapan Diferensiasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar

Andayani, Isma Dwi (2024) Penerapan Diferensiasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera Arfak : Jurnal Pendidikan Arfak, 3 (2). pp. 39-50. ISSN 2829-9744

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL (4).pdf

Download (44kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel_ISMA DWI ANDAYANI_230404101.pdf

Download (359kB)
Official URL: https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraAr...

Abstract

Siswa Sekolah Dasar memiliki kemampuan dan kecepatan yang berbeda untuk menguasai konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Melalui asessmen awal pembelajaran didapatkan data bahwa penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas IV SDN Ketanggung 1 Kecamatan Sine masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk imengetahui penguasaan konsep siswa kelas IV SDN Ketanggung 1 semester 1 tahun ajaran 2024-2025 melalui penerapan pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, paparan data,dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari dua isiklus. Berdasarkan analisis data yang diperoleh rata-rata penguasaan konsep siswa sebelum tindakan yaitu 61,25 dengan skor ketuntasan klasikal sebesar 12,5%. Setelah PTK pada siklus 1 dilaksanakan rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 67,5 dan skor ketuntasannya 50%. Pada siklus 2 penguasaan konsep siswa meningkat dibuktikan dari rata-rata yang diperolah yaitu 85,6 dengan skor ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hal ini sudah memenuhi indicator kriteria ketuntasan yang ditetapkan sekolah yakni 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan diferensiasi dapat meningkatkan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi bagian-bagian tumbuhan pada siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pemahaman konsep, Pembelajaran Diferensiasi, Bagian Tumbuhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Pembelajaran Diferensiasi; Bagian Tumbuhan
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Isma Dwi Andayani
Date Deposited: 21 May 2025 02:50
Last Modified: 21 May 2025 02:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item View Item