Sari, Anita Puspita (2024) Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan 1-20 Pada Siswa Kelas 1 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Media Number Match Di SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. Lentera Arfak : Jurnal pendidikan dan sains, 3 (2). pp. 72-81. ISSN 2829-9744
![]() |
Text
LEMBAR PERSTUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (Artikel Pubikasi)
20 Restricted to Repository staff only until 22 March 2030. Download (4kB) |
Abstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang bisa berpihak kepada seluruh peserta didik. Untuk menciptakan pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan siswa maka dalam pembelajaran berdiferensiasi diperlukan media pembelajaran yang baik, sehingga peneliti menggunakan media Number match dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatan pehamanan siswa pada operasi hituung 1-20 sebagai Penelitian tindak kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. Hal ini dilihat dari hasil pembelajaran oleh peneliti sebagai guru berdasarkan tes yang dilaksanakan guru pada siklus I hasil dari tes tersebut diketahui nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini ialah nilai rata-rata siswa pada pembelajaran ini ialah 79,25 dengan presentase daya serap klasikal 79,25% ( kategori cukup ) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa 87,90% dengan presentase daya serap klasikal 87,90% ( kategori sangat baik ) . Sedangkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu pada siklus I ketuntasan belajar klasikal yaitu 64,28% ( kategori cukup ) dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 89,28% ( kategori sangat baik).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Operasi Hitung;Pembelajaran berdiferensiasi;Media Number Match |
Subjects: | Aljabar Curriculum Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | ANITA PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:33 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |