Filah, Nurma (2024) Upaya Memahamkan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Kajian Muslimah Pada Siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8 (2). pp. 554-563. ISSN 2548-5784
![]() |
Text
Halaman persetujuan Filah.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
Artikel Nurma Filah.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kajian muslimah merupakan program pendidikan keislaman yang berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam serta membentuk karakter religious. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi dalam kegiatan Kajian Muslimah terhadap pemahaman agama Islam di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 30 siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam Kajian Muslimah mampu meningkatkan pemahaman agama siswa dengan rata-rata skor pemahaman mencapai 79,6. Hasil korelasi antara partisipasi dalam kegiatan kajian dan peningkatan pemahaman agama menunjukkan hubungan yang sangat kuat dengan koefisien sebesar 1,000. Hal ini membuktikan bahwa semakin aktif siswa terlibat dalam program Kajian Muslimah, semakin baik pemahaman siswa tentang ajaran agama Islam. Oleh karena itu, partisipasi dalam kegiatan keagamaan yang terstruktur seperti Kajian Muslimah tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman agama, melainkan juga penting dalam membentuk karakter religius siswa secara lebih baik kedepannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kajian muslimah; karakter religius; pendidikan agama islam |
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Education of Early Childhood Teacher Study Program |
Depositing User: | Nona Nurma Filah |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:53 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |