Khumairoh, Wardatul (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Perilaku Bullying di SMPIT Al Ibrah. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 19 (2). pp. 204-210. ISSN 2615-4070
![]() |
Text
Hp wardah (1).pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
4444 Download (3kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk perilaku bullying, faktor penyebab terjadinya bullying, dan peran Pendidikan Agama Islam dalam upaya menghentikan bullying di SMPIT Al Ibrah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi lapangan untuk mendapatkan informasi tersebut. Pengumpulan informasi melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan penelitian yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa bentuk perilaku bullying di SMPIT Al Ibrah adalah bentuk perilaku verbal. Faktor penyebab bullying di SMPIT Al Ibrah yaitu faktor keluarga, pergaulan bebas, dan ketidakpahaman siswa terkait perilaku bullying. Peran guru Pendidikan Agama IslamSMPIT Al Ibrah dalam mencegah bullying yaitu sebagai pendidik, teladan, dan penasehat. Selain itu, sekolah mengadakan project anti bullying setiap tahun, kultum, dan sholat berjamaah di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying; Islamic education; teacher's Role |
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Wardatul khumairoh |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:06 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |