Meningkatkan Kehadiran Siswa dengan Teknik Shaping: Pendekatan Studi Kasus yang Bertarget

Cecilia, Cecilia (2024) Meningkatkan Kehadiran Siswa dengan Teknik Shaping: Pendekatan Studi Kasus yang Bertarget. Psikoborneo, 12 (3). pp. 1-7. ISSN 2477-2666

[img] Text
Halaman Persetujuan Cecilia.pdf

Download (154kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Jurnal Psikoborneo Cecilia.pdf

Download (396kB)
Official URL: https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/...

Abstract

Kehadiran mahasiswa dalam pembelajaran sekolah merupakan bagian dari pendidikan dan pembelajaran mengenai Kedisiplinan di sekolah. Namun, banyak mahasiswa yang tidak memenuhi kehadiran tepat waktu di sekolah sehingga akan menjadi pembiasaan yang kurang baik untuk siswa kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengubah perilaku terlambat datang ke sekolah dengan menerapkan teknik shaping pada siswa SMK Nurul Islam Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa SMK Nurul Islam Mayar Gresik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner Pre-Test dan Post Test untuk mengetahui nilai sebelum dan setelah pemberian eksperimen. Teknik Analisa yang digunakan yaitu Uji independent sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan perilaku keterlambatan pada subjek sebelum dan sesudah dilakukan treatment dengan teknik shaping Implikasi dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat diadopsi secara lebih luas sebagai strategi intervensi di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kedisiplinan dan kehadiran siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Terlambat; Siswa; Teknik Shaping
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Cecilia Cecilia
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:26
Last Modified: 11 Apr 2025 04:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item