Implementasi Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan

Fatimah, Siti (2025) Implementasi Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan. TAMADDUN : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 26 (1). ISSN 2722-2632

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal Siti Fatimah.pdf

Download (481kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
11. Artikel_Siti Fatimah.pdf

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode jigsaw adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, interview. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum Di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. kesimpulan dari hasil pembahasan temuan-temuan dari hasil penelitian adalah Metode Jigsaw Learning dapat menghadirkan suasana menyenangkan di dalam kelas karena metode ini dilakukan secara berkelompok dengan melibatkan siswa secara aktif. Penggunaan metode Jigsaw dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Di Desa Wadak Lor, guru menyesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disampaikan. Penerapan metode ini sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar selain melatih siswa belajar aktif, metode ini juga meningkatkan kerjasama antar anggota kelompok karena, disini siswa dapat belajar bersama dan saling memberikan informasi dengan teman-teman sebayanya. Keywords: jigsaw method, fiqh learning

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jigsaw method, fiqh learning
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 10 Apr 2025 09:17
Last Modified: 10 Apr 2025 09:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item