Annajih, Muhammad Hadi (2024) Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Antar Siswa. JURNAL EDUCATIO, 10 (4). pp. 1292-1298. ISSN 2459-9522
![]() |
Text
Muhammad Hadi Annajih_210404001.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
2. 9787+Annajih.pdf Download (550kB) |
Abstract
Metode bermain peran merupakan sebuah pendekatan yang sangat efektif sebagai upaya meningkatkan interaksi antar siswa, dengan fokus pada pengembangan kemampuan berbicara antar siswa maupun dengan guru, kemampuan percaya diri dan pengendalian emosional. Dalam pembahasan ini, penelitian dan juga analisis literatur juga mampu sebagai sarana yang efektif dalam melatih siswa untuk percaya diri dan yakin dalam berinteraksi dengan siswa lain. Manfaat dari penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran yaitu dapat membantu siswa mengenali lingkungan sekitar dan mengekspresikan dirinya. Bermain peran juga bisa mempengaruhi perkembangan pribadi dan sosial anak. Melalui bermain peran anak juga mampu membangun identitasnya dan meningkatkan kemandirian. Dengan demikian, implementasi dari metode bermain peran untuk meningkatkan interaksi antar siswa merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat bermanfaat bagi pengembangan kemampuan berbicara antar siswa dan kemampuan percaya diri secara keseluruhan. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sebuah pendekatan yang sangat inovatif dan berorientasi pada pengalaman siswa untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan berinteraksi tiap siswa. Oleh sebab itu, penelitian dan praktik serta pengembangan dari metode bermain peran dalam ruang lingkup interaksi siswa diharapkan dapat memberikan sebuah kontribusi kepada masyarakat dan dengan demikian pula peningkatan interaksi siswa dapat memberikan kontribusi juga pada aspek peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran, Interaksi, Siswa |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Muhammad Hadi Annajih |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |