Optimalisasi Kemampuan Pra Berhitung Anak TK B Melalui Permainan Edukatif Congklak

Ningrum, Nindiya Wahyu (2025) Optimalisasi Kemampuan Pra Berhitung Anak TK B Melalui Permainan Edukatif Congklak. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (390kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (153kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan pra-berhitung anak kelompok B di TK AlBaqy menggunakan permainan edukatif congklak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua anak TK B yang mengalami kesulitan berhitung, dipilih menggunakan teknik purposive Sampling berdasarkan hasil observasi awal. Data dikumpulkan melalui observasi sistematis dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan Gain Score dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan congklak efektif meningkatkan kemampuan pra-berhitung. Salah satu subjek mencapai kategori peningkatan tinggi (Gain Score = 1,00), sementara subjek lainnya menunjukkan peningkatan sedang (Gain Score = 0,67). Permainan congklak memberikan pengalaman konkret dalam menghitung dan membantu anak memahami konsep bilangan secara menyenangkan, sejalan dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Teknik analisis data menunjukkan adanya perbedaan positif pada kemampuan pra-berhitung anak, meskipun belum signifikan secara statistik. Dengan demikian, permainan congklak merupakan media edukasi yang potensial untuk mendukung pengembangan numerasi anak usia dini melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan durasi intervensi yang lebih panjang dan variasi soal untuk hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pra-berhitung,Permainan congklak.
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Nindiya Wahyu Ningrum
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:00
Last Modified: 24 Apr 2025 03:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item