Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Makanan Khas Gresik pada materi Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Khusna, Putri Nafiatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Makanan Khas Gresik pada materi Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 13 (3). pp. 111-120. ISSN 3025-6488

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL .pdf

Download (54kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL SKRIPSI_PUTRI NAFIATUL KHUSNA.pdf

Download (430kB)
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindoroc...

Abstract

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Model penelitian ini mencakup langkah-langkah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengambilan datapenelitian ini dilakukan dengan instrumen berupa lembar validasi media dan materi, lembar angket respon peserta didik, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini yaitu Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, nilai rata-rata yang diperoleh dari kedua ahli media yaitu mendapatkan nilai rata-rata 93,75% sementara itu dari kedua ahli materi yaitu mendapatkan nilai rata-rata 96,87%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media Pop-up Book ini termasuk dalam kriteria "sangat valid". Berdasarkan hasil dari angket respon peserta didik yang telah diberikan oleh peneliti kepada peserta didik mendapatkan nilai ratarata 95,8% yang termasuk dalam kategori "Sangat baik ". Peserta didik merasa senang, aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran menggunakan media Pop-up Book. Maka dari itu, media Pop-up Book Makanan Khas Gresik ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pop-up Book, makanan khas Gresik, model ADDIE
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Putri Nafiatul Khusna
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:10
Last Modified: 24 Apr 2025 02:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item