Meningkatan Pemahaman Materi Perbandingan Bilangan Pecahan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas 4 SDN Pelang Kidul 3

Rahayu, Retno Muji (2024) Meningkatan Pemahaman Materi Perbandingan Bilangan Pecahan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas 4 SDN Pelang Kidul 3. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Arfak, 3 (2). pp. 51-59. ISSN 2829-9744

[img] Text
2025_TA_PGSD_230404096_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (79kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel+Retno+51+_+59.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2026.

Download (272kB)
Official URL: https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraAr...

Abstract

Siswa masih kesulitan dalam mempelajari bilangan pecahan disebabkan rata-rata siswa tidak pernah memperoleh pengetahuan konseptual pada bilangan pecahan. Penelitian itindakan ikelas iini ibertujuan iuntuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep materi perbandingan bilangan pecahan pada siswa-siswi kelas 4 SDN Pelang Kidul 3 melalalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).iMetode penelitian iyang idigunakan iadalah peneliitian tindakan ikelas (PTK) yang idirancang idalam i isiklus. iBerdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui ibahwa ipenelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus] dimana dengan jumlah 11 siswa yang nilainya meningkat dari masing-masing siklus. Pada siklus I dengan persentase ketunasan 45,45% atau 5 siswa dari 11 siswa yang sudah faham materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama dengan nilai rata-rata 65,45. Kemudian pada siklus II hasil persentase ketuntasan naik menjadi 90,91 % atau 10 siswa dari 11 siswa yang sudah faham materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama dengan nilai rata- rata 84.55. Kesimpulannya, menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama di kelas IV SD Negeri Pelang Kidul 3.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Matematika; Perbandingan Pecahan; Realistic Mathematics Education
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Retno Muji Rahayu
Date Deposited: 06 May 2025 04:31
Last Modified: 06 May 2025 04:31
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item