Edukasi Regulasi Emosi Diri untuk Mencegah Perilaku Agresif pada Siswa Melalui UPP Sang Surya

Ellyanto, Adela (2023) Edukasi Regulasi Emosi Diri untuk Mencegah Perilaku Agresif pada Siswa Melalui UPP Sang Surya. Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI), 5 (2). pp. 87-96. ISSN 2715-7792

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
637
Restricted to Repository staff only until 14 May 2030.

Download (3kB)
Official URL: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/JIPS...

Abstract

Regulasi emosi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap individu. Kesadaran atau aktivitas kognitif membantu individu dalam mengelola emosi atau perasaan yang berasal dari dirinya dan mencegah emosi tersebut menjadi berlebihan, misalnya setelah atau saat mengalami stress. Salah satu cara yaitu dengan diberikannya edukasi regulasi emosi berupa seminar ini maka diharapkan mereka dapat memahami materi yang diberikan dan dapat menerapkannya di kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk siswa-siswa SMP dapat meregulasi emosi pada dirinya untuk mencegah perilaku agresif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan kuesioner (Pre-Test dan Post-Test) yang tiap tes nya berisi 10 pernyataan tentang regulasi emosi dan 5 pertanyaan terkait pengetahuan kognitifnya. Berdasarkan output dari SPSS, dapat dilihat nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat diambil kesimpulan ada perbedaan rata-rata antara hasil pre-test dengan post-test sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh terhadap Regulasi Emosi Diri untuk Mencegah Perilaku Agresif pada Siswa SMP Melalui UPP Sang Surya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Perilaku Agresif
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Adela Ellyanto
Date Deposited: 19 May 2025 03:46
Last Modified: 19 May 2025 03:46
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item View Item