Fitriyani, Chintya Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8 (1). pp. 260-265. ISSN 2614-8854
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL CHINTYA DWI F. (1).pdf Download (133kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS 5 SD.pdf Restricted to Repository staff only until 12 June 2030. Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Sultan Agung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan pengukuran pre-test dan post-test untuk menilai keterampilan menulis. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PjBL, tingkat keterampilan menulis narasi siswa tergolong rendah dengan rata-rata nilai pretest sebesar 35%. Setelah penerapan model PjBL, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai post-test sebesar 88,86. Persentase kategori keterampilan menulis juga meningkat, dengan kategori sangat tinggi mencapai 35% dan kategori tinggi mencapai 57%. Uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 3,221, lebih besar dari ttabel 1,717 pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis alternatif diterima. Observasi mendukung hasil ini, menunjukkan bahwa model PjBL meningkatkan keaktifan, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih percaya diri menyampaikan ide serta menikmati proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Temuan ini merekomendasikan penerapan model PjBL sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Narrative Essay; Writing Skills; Project-Based Learning. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Chintya Dwi Fitriyani |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |