Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau dari Gaya Belajar

Alir, Bening Tirta (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau dari Gaya Belajar. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9 (2). pp. 1141-1148. ISSN 2722-2195

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN BENING TIRTA ALIR_200402011.pdf

Download (249kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL BENING TIRTA ALIR_200402011.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2030.

Download (831kB)
Official URL: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/j...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 1 Paciran dalam menyelsaikan soal-soal tiep PISA jika ditinjau dari perbedaan gaya belajarnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan mengacu empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A dan IX B laki-laki sebanyak 4 orang yang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Gaya belajar tersebut diantaranya visual, auditori, read/write, dan kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner gaya belajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang diadaptasi dari soal tipe PISA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual tidak menuliskan pengerjaan dan jawaban secara rinci. Peserta didik dengan gaya belajar auditori lebih mudah menjelaskan pengerjaan dan jawaban secara lisan. Peserta didik dengan gaya belajar read/write menuliskan pengerjaan dan jawaban secara rinci walaupun perlu membaca soal lebih dari 1 kali untuk memahami. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik kurang memahami soal dan lebih banyak melakukan gerakan fisik pada saat diwawancara oleh peneliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis; gaya belajar; kemampuan berpikir kritis; PISA
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Bening Tirta Alir
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:29
Last Modified: 04 Jul 2025 02:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item