Harbiansyah, Mohammad Akmal Hakam (2025) Determinan Niat Beli Konsumen Pada Travel Online Dengan Merk Traveloka. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 8 (1). pp. 610-632. ISSN 2597-5234
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL MOHAMMAD AKMAL HAKAM HARBIANSYAH_210301187.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2030. Download (427kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet di era globalisasi telah mengubah perilaku konsumen, terutama dalam industri pariwisata, dengan meningkatnya penggunaan platform Online Travel Agent (OTA) untuk merencanakan perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, dan Ease of Transaction terhadap Purchase Intention pada aplikasi Traveloka di Kabupaten Gresik. Metode kuantitatif dengan pendekatan analisis multivariat menggunakan Smart-PLS diterapkan dalam penelitian ini, dengan populasi masyarakat yang telah menggunakan Traveloka namun belum melakukan pembelian. Sampel sebanyak 240 responden dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, dan Ease of Transaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. E-Service Quality berpengaruh melalui keamanan transaksi dan petunjuk pembelian yang jelas, Website Quality meningkatkan kemudahan penggunaan, Promotion memperkuat minat beli melalui diskon, E-Trust membangun kepercayaan konsumen, dan Ease of Transaction mempermudah proses pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa e-service quality,website quality, promotion, e-trust, dan ease of transactionberperan penting dalam meningkatkan purchase intentionpada platform e-commerce seperti Traveloka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, Ease of Transaction, Purchase Intention. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Mohammad Akmal Hakam Harbiansyah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |