PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA PRONEL PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN BETOYO GUCI MANYAR

ULUM, M. KHOIRUL (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA PRONEL PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN BETOYO GUCI MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (49kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penggunaan metode dan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi pemahaman peserta didik. Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik adalah materi matematika disampaikan dalam bentuk jadi sehingga membuat peserta didik kurang memahami dengan baik materi yang diajarkan. Di SDN Betoyo Guci masih sering ditemui peserta didik yang lupa dan kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat terutama pada pengurangan bilangan bulat negatif serta pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Kesulitan tersebut terletak pada pemahaman konsep dan langkah-langkah dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat. Melihat kondisi tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk memberikan salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan penelitian yaitu suatu kelas dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together menggunakan media pronel. Selama proses pembelajaran dilakukan observasi dan setelah pembelajaran selesai dilakukan tes hasil belajar. Kemudian dilakukan pendeskripsian terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari seluruh pertemuan adalah 85,6 % yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Untuk persentase aktivitas peserta didik dari seluruh pertemuan adalah 78,1 % yang termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal adalah 75,0 %. Hal ini berarti ketuntasan klasikal dari kriteria ketuntasan yang dirumuskan yaitu ≥ 70% telah tercapai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:28
Last Modified: 28 Jun 2019 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item