PENGARUH PERSEPSI KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) DAN KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) TERHADAP EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) KONSUMEN SEPEDA MOTOR SKUTIK YAMAHA

QODIRON, . (2014) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) DAN KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) TERHADAP EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) KONSUMEN SEPEDA MOTOR SKUTIK YAMAHA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
b. Abstraksi-pdf.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1-pdf.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2-pdf.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB 3-pdf.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 4-pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5-pdf.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar pustaka-pdf.pdf

Download (164kB)

Abstract

Keseluruhan total penilaian positif konsumen terhadap kualitas sutau merek merupakan aset berharga perusahaan, total penilaian tersebut dinamakan ekuitas merek (brand equity). Ekuitas merek (brand equity) sangat penting diperhatikan oleh perusahan karena mampu mempengaruhi volume penjualan secara positif dan signifikan. Sehingga perusahaan seharusnya mampu menganalisis dan melakukan riset secara berkelanjutan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek (brand equity). Beberapa faktor yang mempengaruhi ekuitas merek (brand equity) diantaranya adalah persepsi kualitas (perceived quality) dan kesadaran merek (brand awareness). Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh persepsi kualitas (perceived quality) dan kesadaran merek (brand awareness) terhadap ekuitas merek (brand equity) konsumen sepeda motor skutik Yamaha. Peneliti menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling (sampling insidental), untuk mengambil sampel sebanyak 165 responden, yang merupakan konsumen sepeda motor skutik Yamaha di daerah Gresik Kota. Peneliti menentukan kriteria yang menjadi responden yaitu konsumen yang memiliki sepeda motor skutik Yamaha dengan tahun kendaraan diatas 2010 dan berdomisili di daerah Gresik Kota. Metode pengumpulan data variabel ekuitas merek (brand equity), persepsi kualitas (perceived quality) dan kesadaran merek (brand awareness) dalam penelitian ini adalah Metode keusioner yang disusun dalam bentuk skala Likert dengan pilihan jawaban SS (sangat sesuai), S (sesuai), TS (tidak sesuai), STS (sangat tidak sesuai). Data ketiga variabel diolah dengan teknik statistik regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian statistik diperoleh nilai F hitung > F tabel (35,329 > 3,05), dengan signifikansi 0,000. t hitung persepsi kualitas > t tabel (8,390 > 1,974), dengan signifikansi 0,000. t hitung kesadaran merek < t tabel (1,317 < 1,974) , dengan signifikansi 0,19. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa secara simultan perspesi kualitas dan kesadaran merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap ekuitas merek. Persepsi kualitas memiliki pengaruh yang lebih dominan daripada kesadaran merek

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 01 Jul 2019 01:41
Last Modified: 01 Jul 2019 01:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item