Dewi, Anis Rahmawati (2023) Penerapan Konseling Kelompok dengan TeknikSelf Managementuntuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Waktu Belajarpada Siswa SMA X. Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI), 5 (2). pp. 77-86. ISSN 2715-7792
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (454kB) |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
636 Download (3kB) |
Abstract
Pengelolaan waktu belajar adalah aktivitas danproses perencanaan dan pelaksanaan kontrol sadar terhadap waktu yang dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran, pengelolaan waktu belajar yang efektif dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar dengan menggunakan teknik self management. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan memberikan kuisioner kepada siswa guna untuk mengetahui seberapa rendah Pengelolaan Waktu Belajar pada siswa. Setelah mengolah data dengan menggunakan skala likert untuk melihat hasil dari kuisioner dengan 30 aitem. Peneliti menemukan 9 siswa dari 63 siswa yang memiliki pengelolaan waktu belajarnya yang rendah setelah diberikannya (pre-test). Lalu diadakan intervensi dengan menerapkan teknik self management konseling kelompok kepada 9 siswa tersebut. Setelah diberikan (post test) guna untuk melihat apakah terdapat peningkatan setelah diberikan intervensi konseling kelompok. Terdapat hasil yang signifikan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam pengelolaan waktu belajarnya dilihat dari post-test dan pre-test.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Kemampuan Mengelola Waktu, Teknik Self Management |
| Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
| Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
| Depositing User: | Anis Rahmawati Dewi |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:31 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:31 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
