FATHONAH, ALIFAH UMI (2014) PENGELOMPOKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (618kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Prestasi akademik mahasiswa adalah salah satu kunci suksesnya universitas dalam mendidik mahasiswanya. Oleh karena itu universitas wajib meningkatkan mutu pendidikan dengan memperbaiki sistem pendidikan, agar dapat meluluskan mahasiswa yang berkompeten dibidangnya dan dapat bersaing di dunia kerja. Maka dibutuhkan sistem yang dapat mengetahui kelompok-kelompok mahasiswa yang berprestasi di akademik sebagai acuan keberhasilan dalam sistem pendidikan dan memperbaiki dalam sistem pengajaran. Sistem pengelompokan prestasi akademik mahasiswa ini menggunakan metode K-means yang merupakan salah satu metode data clustering non hirarki yang berusaha mempartisi data yang ada kedalam bentuk satu atau lebih cluster. Pengelompokan dilakukan menggunakan atribut-atribut nilai matakuliah dari semester 1 sampai semester 6 yang berjumlah 41 matakuliah. Hasil uji coba sistem dengan evaluasi Davies-Bouldin Index yang paling kecil adalah 0.007149 dengan mengelompokkan mahasiswa menjadi 2 dan 3 klaster dengan prosentase 74.14% prestasi baik, 20.69% prestasi sedang dan 5.17% prestasi rendah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 10:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 10:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1528 |
Actions (login required)
View Item |