Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Maulana, Muhammad Rohman (2024) Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20 (1). pp. 67-71. ISSN 2615-4870

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Rohman.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
6936-Article Text-28032-1-10-20250123.pdf

Download (223kB)
Official URL: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca AlQuran Terhadap perilaku keagamaan pada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Intensitas membaca Al-Qur'an bagi siswa adalah tingkat kesenangan yang penuh semangat yang ditunjukkan dalam sikap atau perbuatan saat melakukan ibadah karena Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam. Terdapat beberapa manfaat yang didapat saat membaca Al-Qur'an yakni: pahala yang berlimpah, berkedudukan istimewa di sisi Allah, menjadi syafaat bagi yang membacanya, membersihkan hati, selalu bersyukur, dan mendapat derajat yang tinggi di akhirat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca Al-Qur'an bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gresik sangat berpengaruh terhadap perilaku keagamaan di kehidupan sehari-hari. Seperti merasa lebih tenang, kesabaran lebih meningkat, merasa lebih dekat dengan sang pencipta dan membaca memotivasi diri dalam beribadah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student; Reading Al-Qur'an; Religious
Subjects: Islamic Religion
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Rohman Maulana
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:38
Last Modified: 01 Dec 2025 06:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item