Sa'diyah, Halimatus (2025) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 8 (2). pp. 128-138. ISSN 2654-5497
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL TTD.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
8638-Article Text-32775-1-10-20251103.pdf Download (605kB) |
Abstract
Interaksi sosial adalah aspek kunci dari perkembangan siswa, namun banyak siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam mengelola emosi mereka dalam pengaturan sosial. Kecerdasan emosional dianggap sebagai faktor penting yang memungkinkan siswa untuk mengenali, mengatur, dan mengekspresikan emosi secara efektif dalam hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecerdasan emosional siswa sekolah dasar terhadap interaksi sosial siswa melalui permainan tradisional gobak sodor asli Indonesia. Penelitian - penelitian tentang hubungan kecerdasan emosional dengan interaksi sosial tidak melibatkan kurikulum dan permainan tradisional. Design penelitian dilakukan dengan kuasi eksperimen melibatkan satu kelompok siswa dengan pretest – posttest dan menggunakan sampling jenuh. Jumlah subjek yang terlibat sebanyak 24 siswa SD di Gresik. Data dikumpulkan menggunakan instrument kuisioner yang tervalidasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas, uji-t regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi cenderung terlibat lebih efektif dalam interaksi sosial. Studi ini berkontribusi pada semakin banyak bukti yang menyoroti peran kecerdasan emosional dalam mendorong perkembangan sosial siswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan pelatihan kecerdasan emosional dalam konteks sekolah dasar negeri Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap interaksi sosial dalam permainan gobak sodor yang di integrasikan dalam kurikulum pembelajaran di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil ini sangat direkomendasikan untuk mengintegrasikan permainan-permainan tradisional dalam pembelajaran di kelas guna memberikan efek positif terhadap kemampuan interaksi sosial siswa.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keywords: Emotional Intelligence, Social Interaction, Primary School, Quasi-experimental, Student Development. |
| Subjects: | Education Primary and secondary education |
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
| Depositing User: | Halimatus Sa'diyah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:36 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:36 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
