SISTEM PENGELOMPOKAN TINGKAT SERAPAN MATERI KULIAH PENGENALAN POLA MENGGUNAKAN METODE SELF ORGANIZING MAP

HABIBULLOH, MUHAMMAD (2014) SISTEM PENGELOMPOKAN TINGKAT SERAPAN MATERI KULIAH PENGENALAN POLA MENGGUNAKAN METODE SELF ORGANIZING MAP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I (14-02-13).pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II (14-02-14).pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB III (14-02-13).pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB IV (14-02-14).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (14-02-14).pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Gresik memiliki masalah dalam menggali potensi siswa dalam menyelesaikan tugas akhir, sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat menentukan potensi kelompok mahasiswa dan akhirnya dapat diarahkan untuk bekerja tugas akhir berdasarkan potensi yang telah dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode untuk mengklasifikasikan Self Organizing Map berdasarkan pemahaman siswa yang mengikuti kursus di pengenalan pola. pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan 2 klaster 3 iterasi, 3. Cluster 3 iterasi, cluster 3 dan 4 iterasi dari setiap percobaan 10 kali. Data yang digunakan adalah angket diisi oleh mahasiswa yang mengambil kursus di pengenalan pola. Hasil sistem pengelompokan ini menghasilkan cluster dengan kelompok siswa yang tetap. Perubahan hanya terjadi pada nilai pengujian validitas menggunakan indeks silhoutle yang berbeda. Validitas terbaik adalah cluster keempat dengan tingkat akurasi rata-rata 0,1135.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:08
Last Modified: 02 Jul 2019 07:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item