REPRESENTASI DAN KONSEPSI BANGUN RUANG OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 KEBOMAS

Mahmudah, Masfufatul (2016) REPRESENTASI DAN KONSEPSI BANGUN RUANG OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Geometri merupakan salah satu cabang dari matematika. Pada tingkat sekolah menengah atas, pembelajaran geometri ruang memanfaatkan representasi grafis dari objek nyata. Grafis memiliki banyak kesepakatan yang implisit. Kesepakatan tersebut dapat membuat peserta didik miskonsepsi tentang objek geometri jika mereka tidak memahami secara utuh. Bagaimanapun juga gambar-gambar tersebut mudah dan dapat digunakan sebagai alat yang efisien untuk menyelesaikan masalah-masalah geometri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi kubus dan konsepsi representasi peserta didik tentang kedudukan dua bidang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 peserta didik pada dua kelas. Peneliti juga melakukan wawancara pada 14 peserta didik sebagai subjek wawancara yang dipilih dari subjek penelitian berdasarkan hasil tes. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi(alat audiovisual). Untuk metode analisa datanya yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kevalidan data diuji dengan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis data, representasi yang baik dalam menggambarkan kubus adalah gambar dengan perspektif paralel yang perbandingan ukuran rusuk dalam tidak lebih panjang dari lebar dan tinggi (ukuran lebar sama dengan tinggi), yang mempertahankan kesejajaran dan kesamaan sisi, serta jika sekilas dipandang tidak seperti bangun datar. Konsepsi representasi peserta didik yang mendasari bidang adalah dari bidang yang terbatas. Bidang yang digunakan saat merepresentasikan kedudukan dua bidang yaitu jajargenjang, persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium, dan lingkaran. Konsepsi representasi peserta didik yang benar tentang dua bidang yang tidak mempunyai titik potong dan dua bidang yang sejajar adalah peserta didik yang menggunakan kesejajaran dalam pemisahan dua bidang. Dalam merepresentasikan kedudukan dua bidang, tidak sepenuhnya peserta didik memahami bahwa konsep dua bidang yang tidak mempunyai titik potong sama dengan konsep dua bidang yang sejajar. Sedangkan konsepsi representasi peserta didik yang salah tentang dua bidang yang tidak mempunyai titik potong dan dua bidang yang sejajar adalah peserta didik yang tidak menggunakan kesejajaran dalam pemisahan dua bidang. Kesalahan itu juga dipengaruhi oleh kedudukan dua garis. Representasi peserta didik tentang dua bidang yang tidak mempunyai titik potong terdiri dari 4 tipe representasi yang benar dan 7 tipe representasi yang salah sedangkan tentang dua bidang yang sejajar terdiri dari 5 tipe representasi yang benar dan 2 tipe representasi yang salah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: imam rasidi
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:23
Last Modified: 02 Jul 2019 08:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item