PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK CATUR PADA MATERI SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS V SDN IKER-IKER GEGER

Arifah, Zeti (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK CATUR PADA MATERI SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS V SDN IKER-IKER GEGER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penggunaan metode dan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi pemahaman materi yang dipelajari peserta didik. Pembelajaran menggunakan metode konvensional sering kali membuat peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan. Karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik cenderung pasif. Di samping itu, pembelajaran mengunakan metode konvensional sering kali membuat peserta didik bingung dalam menggunakan konsep-konsep matematika karena peserta didik hanya menghafal konsep yang diberikan oleh guru bukan memahaminya. Melihat kondisi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian sebagai salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru, aktifitas peserta didik, tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika model discovery learning dengan media kotak catur Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V SDN Iker-Iker Geger tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Sedangkan metode analisis data dilakukan secara statistik dan mendeskripsikannya secara kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika model discovery learning dengan media kotak catur termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik termasuk kategori baik; (3) Ketuntasan belajar klasikal tercapai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: imam rasidi
Date Deposited: 02 Jul 2019 11:24
Last Modified: 02 Jul 2019 11:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item