PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE JARING LABA-LABA (WEBBED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN SEGI EMPAT KELAS III SDN GLAGAH II LAMONGAN

AKHIRIYATI, LINDA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE JARING LABA-LABA (WEBBED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN SEGI EMPAT KELAS III SDN GLAGAH II LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu, matematika juga dikatakan sebagai bekal pengetahuan dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat pengembangan dan karakteristik peserta didik SD berada pada tahap operasi konkrit, pada tahap ini perkembangan peserta didik merupakan suatu kesatuan yang utuh dan hanya mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Dalam kenyataan di kehidupan sehari-hari tidak ada satu fenomena alam yang terjadi secara terpisah, namun bersifat kompleks dan terpadu, seperti halnya manusia yang tidak dapat hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial. Untuk itu peneliti menggunakan model pembelajaran terpadu dengan tipe jaring laba-laba (webbed) yaitu model pembelajaran yang diawali dalam suatu tema tertentu yang akan di kaitkan dengan materi satu dengan materi lain atau konsep tertentu dengan konsep lain, baik dalam satu maupun lebih dari bidang studi. Peneliti mengambil 4 bidang studi yang dipadukan dan di hubungkan dengan keterampilan sosial peserta didik dengan menggunakan tema ”pekerjaan”, pada bidang studi IPS peserta didik akan mempelajari bagaimana kehidupan bersosial masyarakat, pada bidang studi IPA peserta didik mempelajari bagaimana keadaan lingkungan yang ada disekitar peserta didik, pada bidang studi Bahasa Indonesia peserta didik mempelajari bagaimana berkomunikasi yang baik, sedangkan pada bidang studi matematika dapat di jadikan bekal dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan sosial peserta didik dan untuk mengetahui respon dari peserta didik melalui model pembelajaran terpadu ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas III SDN Glagah II Lamongan.hasil analisis data menunjukkan pada semua aspek jumlah persentase keterampilan sosial peserta didik pada skor 0, skor 1 dan skor 2 pada tiap pertemuan mengalami penurunan sedangkan jumlah persentase keterampilan sosial peserta didik pada skor 3 dan skor 4 mengalami peningkatan pada tiap pertemuan, maka dikatakan keterampilan peserta didik meningkat. Dari hasil angket respon peserta didik, persentase respon peserta didik T > R maka respon peserta didik dikatakan tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 04 Jul 2019 12:10
Last Modified: 04 Jul 2019 12:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item