PEMBELAJARAN JANICE VAN CLEAVE’S PADA KONSEP LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI MI’ROJUL ULUM JOTANGAN MOJOKERTO

Setiawan, Budi Eko (2013) PEMBELAJARAN JANICE VAN CLEAVE’S PADA KONSEP LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI MI’ROJUL ULUM JOTANGAN MOJOKERTO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika bukan hanya pelajaran tentang menghafal rumus yang bersifat abstrak melainkan juga pelajaran yang manfaatnya dapat diterapkan ke dunia nyata. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran Janice Van Cleave’s, dimana pembelajaran tersebut memakai benda konkret untuk dimanipulasikan sebagai media pembelajaran sehingga siswa mudah memahami konsep yang akan diberikan. Pembelajaran Janice Van Cleave’s memiliki tiga tahapan pembelajaran yaitu pembelajaran teori, pembelajaran menggunakan benda konkret dan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan desain one-shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Mi’rojul Ulum Jotangan Mojokerto yang berjumlah 30 siswa dan guru pengajar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa lembar pengamatan, tes hasil belajar, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran termasuk dalam kategori kurang efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal dikatakan tercapai, dan respons siswa termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 04 Jul 2019 12:10
Last Modified: 04 Jul 2019 12:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item