PEMBELAJARAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION ) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III SDN MENTARAS

MASFIATIN, MASFIATIN (2013) PEMBELAJARAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION ) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS III SDN MENTARAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (164kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (73kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan pembelajaran yang memberikan arah bagi guru dalam proses belajar mengajar. Namun model pembelajaran yang digunakan oleh guru saat ini masih terpaku pada model pembelajaran tempo dulu. Maka dalam hal ini model pembelajaran AIR (Auditory, intelectually, repetition) dapat dijadikan alternatif baru dalam melaksanakan pembelajaran. Karena penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar dan anak Sekolah Dasar yang masih senang dengan bermain maka model pembelajaran AIR dipadukan dengan permianan pada aspek Repetition. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan tentang aktifitas belajar peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran model AIR dengan menggunakan permainan pada materi luas bangun datar sederhana. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas III SDN Mentaras tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar soal tes. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran model AIR dengan menggunakan permainan pada materi luas bangun datar sederhana adalah baik, dengan rata- rata skor yang diperoleh selama pembelajaran adalah 72. 2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 91% sehingga peserta didik dikatakan tuntas selama pembelajaran model AIR menggunakan permainan pada materi luas bangun datar sederhana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:12
Last Modified: 05 Jul 2019 07:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item