PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM PONGANGAN

WAFIDAH, IZZATUL (2009) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan seorang pendidik dengan sengaja dan penuh tanggung jawab terhadap peserta didik baik diperoleh dari lingkungan formal maupun nonformal. Penguasaan konsep berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang telah diberikan di sekolah dari seseorang guru yang dipengaruhi oleh perbandingan kecerdasan, metode mengajar, kualitas pendidikan yang diberikan termasuk pendidikannya dan hal lain yang bersifat menunjang. Dalam mengerjakan IPA sebenarnya banyak cara yang dapat memberikan siswa kesempatan untuk mengamati obyek IPA, dengan pengalaman langsung bagi siswa akan mempermudahkan dirinya memahami, meresapi IPA dibandingkan dengan mendengarkan ceramah guru atau membaca saja. Dengan cara metode demonstrasi dan eksperimen siswa akan belajar lebih aktif, efektif dan kreatif.Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan metode demonstrasi dan eksperimen terhadap prestasi belajar bidang studi IPA kelas VI. Dalam penelitian ini, jumlah subyek penelitian sebanyak 43 siswa yang akan dijadikan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol sebagai pembanding. Untuk kelompok eksperimen 22 siswa dan untuk kelas kontrol 21 siswa. Disini peneliti mengunakan desain penelitian eksperimen The Pretest-postest Control Group Design. Test yang diberikan kepada kedua kelompok adalah sama untuk setiap siswa yaitu jumlah butir dan bobot soal (pre-test dan post-test). Kedua kelompok akan diberi pengajaran dengan metode yang berbeda kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan metode eksperimen dan demonstrasi. Sedangkan kelompok kontrol tanpa mengunakan metode eksperimen dan demonstrasi. Test diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode eksperimen dan demonstrasi dalam proses pembelajaran. Dari hasil analisis data diolah dengan tehnik statistik Uji-t menunjukkan t hitung sebesar 0,554 dan t tabel -2,201 dengan probabilitas 0,583 > 0,05. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan tidak berbeda, dalam artian tidak ada pengaruh penerapan metode demonstrasi dan eksperimen terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV MI Nurul Islam Pongangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:11
Last Modified: 09 Jul 2019 02:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item