STUDI SIMULASI PROSES PEMUATAN DAN PENIMBANGAN KONTAINER EKSPOR DENGAN TUJUAN MEMINIMALKAN STAPEL (Studi Kasus: PT. WINA, Gresik)

Saputra, Bobby Chandra (2016) STUDI SIMULASI PROSES PEMUATAN DAN PENIMBANGAN KONTAINER EKSPOR DENGAN TUJUAN MEMINIMALKAN STAPEL (Studi Kasus: PT. WINA, Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kinerja dari pelayanan ekspor suatu kontainer biasa diukur dari kecepatan pemuatan serta utilitas dari server yang ada. Pada proses ekspor di PT. WINA, kinerja proses pemuatan dievaluasi dari waktu pemuatan kontainer, serta besarnya stapel. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya waktu proses yang lama serta antrian waktu tunggu untuk dilayani yang tinggi. Ada tiga alternatif yang diajukan untuk meminimalkan waktu pemuatan dan stapel, yaitu penambahan man power pada personil inspeksi, penambahan jumlah forklift pada setiap WH yang ada, dan menggabungkan kedua alternatif yang ada. Tujuan yang ingin dicapai adalah menentukan skenario alternatif terbaik dalam usaha perbaikan kondisi saat ini. Langkah-langkah untuk melakukan simulasi adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan data dari proses pemuatan kontainer; (2) membuat model konseptual simulasi proses pemuatan pada kondisi eksisting; (3) melakukan proses simulasi pada kondisi eksisting; (4) melakukan uji verifikasi dan uji validasi; (5) mengembangkan model simulasi untuk ketiga alternatif serta melakukan simulasi; dan (6) melakukan analisis dari hasil simulasi yang telah dilakukan. Simulasi diselesaikan dengan menggunakan perangkat lunak ARENA 14.0. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dari skenario-skenario perbaikan untuk meminimalkan waktu pemuatan dan nilai stapel, dapat disimpulkan bahwa penambahan personiel inspeksi dan penambahan jumlah forklift merupakan alternatif terbaik dalam menurunkan jumlah kontainer yang stapel. Dengan melakukan alternatif tersebut jumlah kontainer stapel mengalami penurunan sebesar sebesar 86% atau sebanyak 50 kontainer dari kondisi eksisting sebanyak 350 kontainer.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:22
Last Modified: 09 Jul 2019 02:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item