HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

ROZAQOH, LAILATUR (2008) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keluarga merupakan sumber pendidikan yang utama dan pertama karena segala pengetahuan dan kecerdasan intelektual manusia pertama diperoleh dari keluarga dan anggota keluarga. Sekolah adalah sebuah lembaga pengajaran yang mempunyai tugas untuk membantu orang tua tetapi tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas pendidikan remaja tersebut. Usaha sekolah untuk membantu orang tua mandidik remaja tidak beratri menghapus atau mengurangi tanggung jawab orang tua dalam mendidik dan mendewasakan anak Dukungan orang tua dalam pendidikan akan menunjukkan peningkatan motivasi dalam belajar remaja. Meskipun dukungan dari orang tua merupakan salah satu bentuk motivasi dari luar namun dari dukungan tersebut dapat memunculkan motivasi dari dalam diri remaja. Motivasi sangat diperlukan dalam proses belajar. Seseorang yang tidak memiliki motivasi akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar remaja di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa yang terdiri dari enam kelas. Peneliti tidak menggunakan keseluruhannya sebagai sampel, namun hanya mengambil sampel dengan tingkat kesalahan 5% dengan melihat tabel penentian jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan dari Isaac dan Michael ( Sugiyono, 2004: 99), yaitu dari jumlah populasi 168 siswa didapat sampel sebanyak 114 siswa dari enam kelas. Metode dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disusun dalam bentuk skala likert dengan pilihan jawaban SS ( Sangat Sesuai), S ( Sesuai), K ( Kadang-kadang), TS ( Tidak Sesuai), STS ( Sangat Tidak Sesuai). Data diolah dengan teknik korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa r = 0,052, p = 0,585 , p > 0,05 berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar remaja di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jadi, hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar remaja di SMA Muhammadiyah 1 Gresik ditolak

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:22
Last Modified: 09 Jul 2019 02:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item