Pengaruh Persepsi Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan PT. Petrokimia Gresik

Firmansyah, Achmad Fahruddin (2018) Pengaruh Persepsi Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan PT. Petrokimia Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (134kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan PT. Petrokimia Gresik. Dengan Variabel terikat (dependent variabel) (Y) yaitu citra perusahaan, Variabel Bebas (independent variabel) Corporate Social Responsibility (CSR) (X) Penelitian ini menggunakan metode kuantitiatif dengan jumlah populasi sebanyak 6744 dan sampel sebanyak 332 yang tersebar di wilayah Kelurahan Lumpur. Dalam pelaksanaan CSR dikenal konsep akuntabilitas, transparansi dan keberlanjutan yang mendukung pengaruh persepsi terhadap citra perusahaan. Dalam membentuk persepsi melibatkan aktivitas psikologis yaitu pengenalan, penalaran dan perasaan. Pembentukan persepsi dipengaruhi faktor fungsional yang menjadi bagian dari personal dan faktor struktural yang melihat secara keseluruhan dalam menentukan nilai persepsi. Teknik pengumpulan data dari variabel menggunakan Skala Likert dengan empat pilihan jawaban yaitu sangat tidak setuju (STS), untuk tidak sesuai (TS), untuk sesuai (S), untuk sangat sesuai (SS). Skor item dan skor total pada variabel Corporate Social Responsibilitys sebanyak 38 item semuanya sahih, sedangkan variabel citra perusahaan terdapat 44 item yang sahih yang ditunjukkan dari nilai r yang berkisar antara 0,3, -0,8. Reliabilitas alat ukur menggunakan Alpha Cronbach dengan instrumen citra perusahaan ditemukan nilai reliabilitas sebesar 0,931 yang artinya reliabel. Hasil analisis Corporate Social Responsibility menunjukkan nilai sebesar 0,923. Uji korelasi dengan Product Moment menunjukkan angka r positif sebesar 0,235, p= 0,000 ada sig (2-tailed) berarti korelasinya signifikan karena lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program corporate social responsibility dengan citra perusahaan. Koefisian kolerasi yang positif menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel X dan Y mempunyai hubungan yang searah dan berbanding lurus. Pengaruh yang diberikan program corporate social responsibility terhadap citra perusahaan dikategorikan tinggi dengan analisis data korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien r=0,235, p= 0,000 ada sig (2-tailed) berarti korelasinya signifikan karena lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisa data penelitian menggunakan tehnik regresi linier sederhana dapat disimpulkan bahwa thitung = 16,729, p = 0,000, taraf signifikan p < 0,05, dan df = n - k-1 = 322 -1-1 = 320 dengan pengujian dua arah dapat diperoleh harga ttabel = 1,967 Hasil tersebut menggambarkan bahwa thitung> ttabel (4,318 > 1,967), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya “Terdapat pengaruh antara program corporate social responsibility terhadap citra perusahaan PT. Petrokimia Gresik”. Kata kunci : Persepsi, CSR, Citra Perusahaan, PT.Petrokimia Gresik, Masyarakat Kelurahan Lumpur

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 01:09
Last Modified: 06 Mar 2019 06:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item