PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PELUANG DI KELAS VII A MTs N GRESIK METATU BENJENG GRESIK

ALBAB, HABIB (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PELUANG DI KELAS VII A MTs N GRESIK METATU BENJENG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 3.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB 5.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru dituntut untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu, guru juga harus mempunyai kemampuan memilih metode, strategi atau pendekatan, model pembelajaran, serta menguasai materi yang akan diajarkan, sehingga guru dapat mengkomunikasikan materi dengan baik dan guna terciptanya proses belajar mengajar yang efektif. Guru juga sebagai fasilitator yang membimbing dan mengkoordinasikan kegiatan belajar, sedangkan peserta didik sebagai subjek belajar yang perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pada kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan Scientific approach. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan pendekatan scientific approach pada materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika kelas VII A MTs Negeri Gresik. Observasi terhadap subjek penelitian menggunakan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dari dua kali pertemuan diperoleh nilai rata-rata 57,14%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru pada pembelajaran matematika menggunakan pedekatan scientific approach pada materi peluang di kelas VII A MTs Negeri Gresik dalam kategori kurang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:19
Last Modified: 02 Aug 2019 10:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item