PENERAPAN MEDIA MABIMUBI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS V SDN DERMO BENJENG GRESIK

MAHFUDDIN, HANNI (2015) PENERAPAN MEDIA MABIMUBI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS V SDN DERMO BENJENG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
8 abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
18 BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 daftar pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagian besar peserta didik sekolah dasar masih merasa kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat, terutama pada pengurangan bilangan bulat negatif. Kesulitan tersebut terletak pada pemahaman konsep dan langkah-langkah dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat. Disamping itu pembelajaran masih banyak menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media sebagai alat bantu, membuat peserta didik hanya duduk, mendengar, mencatat, dan menghafal, sehingga mengakibatkan peserta didik merasa jenuh, bosan, dan kurang tertarik terhadap pembelajaran. Penting bagi seorang guru untuk memanipulasi suasana pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menarik. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi menarik yaitu dengan menggunakan media sebagai alat bantu. Pemilihan media menjadi penting dalam proses pembelajaran untuk menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Maka dari itu peneliti menggunakan media mabimubi diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Sedangkan metode analisis data yang dilakukan adalah analisis data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, analisis data aktivitas peserta didik, dan analisis ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penelitian dalam penerapan media mabimubi pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran termasuk kriteria baik, dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:52
Last Modified: 05 Aug 2019 02:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item