Ningati, Siti Rizki Maharayu (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PROGRAM WINGEOM PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU TRATE GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Bab 1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dengan maksud mengubah perilaku peserta didik. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam mencapai tujuan tersebut. Saat ini pembelajaran sudah didukung dengan fasilitas yang modern seperti komputer. Sehingga fasilitas tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam bidang matematika. Salah satu program komputer sebagai media pembelajaran matematika adalah Wingeom. Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematic software). Program ini under windows dan dirancang untuk membantu pembelajaran geometri dimensi dua maupun dimensi tiga secara interaktif sehingga program ini memberikan kemudahan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan program Wingeom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A MTs NU Trate Gresik yang berjumlah 39 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data dalam pembelajaran matematika menggunakan program wingeom menunjukkan aktivitas peserta didik selama pembelajaran dikategorikan sangat baik, karena diketahui bahwa rata-rata nilai dari seluruh pertemuan adalah 85,8 yaitu berada diantara skala 85-100 dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tercapai dengan persentase 84,61% yaitu melebihi kriterian yang dirumuskan ≥ 81% sehingga dapat dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 03:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 03:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2477 |
Actions (login required)
View Item |