PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK

APRILIANDANI, RIRIN (2016) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Problem yang sering dialami pendidik ketika melakukan proses belajar mengajar terlihat ketika pendidik menyampaikan materi namun peserta didik terlihat lesu, pendiam dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik tidak melakukan aktivitas belajar sepenuhnya. Salah satu cara yang harus ditempuh yaitu dengan menumbuhkan motivasi belajar, melalui pemberian reward dan punishment yang mendidik diharap dapat menumbuhakan motivasi belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment akan memberikan pengaruh pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik yang berjumlah 53 peserta didik, dan sampel penelitian sebanyak 53 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement) dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment. Hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig = 0,031<0,05artinya motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment lebih baik dari motivasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:39
Last Modified: 05 Aug 2019 05:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item