PENGARUH TINGKAT DOMINASI OTAK KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP NEGERI DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK

BASYIR, AHMAD AZHAR (2017) PENGARUH TINGKAT DOMINASI OTAK KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP NEGERI DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam suatu pembelajaran. Salah satu yang dapat mempengaruhinya adalah kinerja otak. Kinerja otak yang dimaksud dalam penelitian kali ini adalah tingkat dominasi otak kiri. Pada bagian otak kiri terdapat kecerdasan logis-matematis yang sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah matematika pada materi bilangan. Sedangkan kemampuan matematika materi bilangan adalah potensi menguasai suatu keahlian yang didapatkan dari pengalaman dan pengetahuan untuk menyelesaikan soal matematika materi bilangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat dominasi otak kiri terhadap kemampuan matematika materi bilangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri1 Kebomas pada kelas VII-F, VII-G, VII-I dan SMP Negeri 2 Kebomas padakelasVII-A, VII-B, VII-Cdengan total sebanyak 192 peserta didik periode 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode tes. Metode tes terdiri dari tes dominasi otak dan tes kemampuan matematika.Tes dominasi otak digunakan untuk melihat nilai tingkat dominasi otak kiri. Tes kemampuan matematika materi bilangan digunakan untuk melihat kemampuan matematika materi bilangan peserta didik. Dari hasil analisis data menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis (Uji F), dengan perhitungan uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 36,784 + 0,669 X. Pada penentuan koefisien korelasi diperoleh R = 0,631 ini menunjukkan bahwa adanya derajat hubungan yang cukup berarti antara tingkat dominasi otak kiri dengan kemampuan matematika materi bilangan. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji F yang memperoleh hasil sig = 0,000 < α (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat dominasi otak kiri terhadap kemampuan matematika materi bilangan peserta didik tingkat SMP Negeri di Kecamatan Kebomas Gresik. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,399 artinya sekitar 39,9 % tingkat dominasi otak kiri berpengaruh terhadap kemampuan matematika materi bilangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:39
Last Modified: 05 Aug 2019 05:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item