SYAFAAT, MUHAMMAD HARIS (2016) PROFIL PENALARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I oke.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II oke.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III oke.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran matematika siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah dimensi tiga berdasarkan kemempuan matematika. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas X Kimia Industri SMK Negeri 1 Cerme Gresik tahun ajaran 2015/2016, yaitu masing-masing 1 siswa yang berkemampuan matematika tinggi sedang, dan rendah. Instrumen pendukung dalam penelitian ini terdiri atas lembar soal kemampuan matematika dan soal kemempuan penalaran matematika dan pedoman wawancara berbasis tugas. Data dianalisis berdasarkan penalaran yang muncul pada setiap langkah pemecahan masalah Polya. Berdasarkan analisis data jawaban tertulis dan hasil wawancara, diperoleh deskripsi penalaran siswa sebagai berikut : (1) Profil penalaran matematika siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah dimensi tiga adalah siswa memenuhi enam dari tujuh indikator kemampuan penalaran matematika, indikator yang tidak terpenuhi yaitu memeriksa kesahihan suatu argument (2) Profil penalaran matematika siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah dimensi tiga adalah siswa memenuhi enam dari tujuh indikator kemampuan penalaran matematika, indikator yang tidak terpenuhi yaitu memeriksa kesahihan suatu argument (3) Profil penalaran matematika siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah dimensi tiga adalah siswa memenuhi dua dari tujuh indikator kemampuan penalaran matematika, hanya indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram dan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, yang terpenuhi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 09:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 09:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2504 |
Actions (login required)
View Item |