ZUBAIDAH, NURIYYATUZ (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TTW PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUL ISLAM GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (1-6).pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (7-27).pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (28-37).pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB IV (38-60).pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
|
Text
BAB V (61).pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang mandiri dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model pembelajran kooperatif tipe CIRC dan tipe TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi himpunan kelas VII SMP Darul Islam Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi kelas VII SMP darul Islam Gresik Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 122 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian sebanyak 61 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe TTW pada pokok bahasan Himpunan kelas VII SMP Darul Islam Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 09:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 09:43 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2520 |
Actions (login required)
View Item |