PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TTW PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUL ISLAM GRESIK

ZUBAIDAH, NURIYYATUZ (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN TIPE TTW PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUL ISLAM GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (1-6).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (7-27).pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (28-37).pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (38-60).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (61).pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang mandiri dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model pembelajran kooperatif tipe CIRC dan tipe TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi himpunan kelas VII SMP Darul Islam Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi kelas VII SMP darul Islam Gresik Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 122 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian sebanyak 61 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe TTW pada pokok bahasan Himpunan kelas VII SMP Darul Islam Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:43
Last Modified: 05 Aug 2019 09:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item