Dewi, Dian Aprilia (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATHEMATICS MOBILE LEARNING APPLICATION (MMLA) PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Pertumbuhan pesat teknologi informasi dankomunikasi serta meningkatnya pengetahuan mengenai komputer telah melahirkan bentuk-bentuk media pembelajaran baru. Teknologi dan komunikasi mengakibatkan banyak perubahan di segala bidang kehidupan. Demikian pula dalam bidang pendidikan, sebagai akibatnya banyak bermunculan inovasi teknologi dalam bidang pendidikan. Potensi sebuah handphone tampaknya memungkinkan pengguna bekerja dan belajar kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi ruang, jarak, waktu, dan mobilitas, termasuk dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Mathematics Mobile Learning Application (MMLA) dalam pembelajaran Matematika dengan materi Pola Bilangan untuk peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 12 GKB yang membantu proses pembelajaran. Pengembangan MMLA yang menggunakan Android sebagai basis sistem operasi perangkat komputer yang digunakan. Pembuatan MMLA dengan menggunakan software Adobe Flash Profesional C5. Pengembangan MMLA dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin & Peck yang terdiri atas fase analisis kebutuhan, fase desain, serta fase pengembangan dan implementasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar peserta didik, dan angket respon peserta didik. Pengembangan MMLA dikatakan berkategori baik karena memenuhi tiga kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) valid, berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata total validitas 3,22, 2) praktis, berdasarkan pada penilaian umum para validator yang menyatakan bahwa MMLA ini dapat digunakan dengan sedikit revisi dan hasil observasi peserta didik yang menunjukkan bahwa persentase jawaban benar peserta didik sebesar 94,69%, dan 3) efektif, berdasarkan hasil tes belajar peserta didik yang menunjukkan bahwa 85,18% peserta didik memperoleh nilai 76 (tuntas) dan peserta didik memberikan respon positif karena >50% dari seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori positif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 12:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 12:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2526 |
Actions (login required)
View Item |