PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENGAJUAN MASALAH DI SMP ISLAM MANBAUL ULUM

AYU, ROSVITA (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENGAJUAN MASALAH DI SMP ISLAM MANBAUL ULUM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan ilmu penting dalam kehidupan, sehingga diajarkan di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran matematika perlu diberikan di semua jenjang sekolah karena memiliki tujuan salah satunya untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kreatif. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif diperlukan suatu model pembelajaran, model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran berbasis masalah dan pengajuan masalah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membandingkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran pengajuan masalah di SMP Islam Manbaul Ulum Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi kelas VIII SMP Islam Manbaul Ulum Tahun Ajaran 2016-2017 yang berjumlah 179 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian sebanyak 61 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan teknik random sampling sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran pengajuan masalah di kelas VIII SMP Islam Manbaul Ulum

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item