PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs DI KECAMATAN GLAGAH

ACHMADDIN, NANANG FITRO (2017) PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs DI KECAMATAN GLAGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK -------------------------- OK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 1------------------------------ OK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II------------------------------ OK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III ----------------------------- OK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV ----------------------------- OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
18. BAB V------------------------------ OK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA----------------- OK.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, peranan kepercayaan diri sangatlah diperlukan untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematika pada diri peserta didik. Peserta didik adalah sebagai subjek dan objek dari kegiatan pengajaran. Karena proses pengajaran tidak lain adalah belajar. Pengajaran tentu saja akan dapat tercapai jika peserta didik berusaha secara aktif untuk mencapainya. Keaktifan peserta didik tidak dituntut secara fisik, tetapi juga dari segi psikis. Bila hanya anak aktif, tetapi pikiran, mental dan percaya dirinya kurang, maka kemungkinan tujuan pembelajarannya tidak tercapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs di Kecamatan Glagah tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 360 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebagian peserta didik kelasVII MTs di Kecamatan Glagah tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 155 peserta didik. Penelitian ini di laksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengupulan data pada penelitian ini adalah metode tes dengan instrumen penelitiannya adalah soal tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Dari hasil uji regresi diperoleh persamaan regresi linier Y = 25,755 + 0,636 X. pada penentuan koefesien korelasi diperoleh R = 0,707 dan menunjukkan bahwa adanya derajat hubungan yang kuat atau sedang antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Uji hipotesis dilakukan dengan uji F yang memperoleh hasil nilai sig (0,000) < α (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 50% yang dapat diperoleh dari nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,500.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item