MAFRUHAH, ISMIATIN (2017) PENGARUH STRATEGI INKUIRI TERHADAP PENGURANGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
|
Text
18. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Namun, tes pendahuluan yang diberikan kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi miskonsepsi peserta didik. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran inkuiri. Pada strategi pembelajaran inkuiri, peserta didik akan dihadapkan dengan konflik kognitif melalui proses tanya jawab yang dapat peserta didik olah melalui diskusi dalam kelompok kecil dengan bimbingan guru. Dengan demikian, peserta didik dapat menemukan sendiri jawaban dari pertanyaan yang diberikan dan dapat mengurangi miskonsepsi pada diri peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi inkuiri berpengaruh terhadap pengurangan miskonsepsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah posttest-only control design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Duduksampeyan, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Duduksampeyan dengan waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah tes miskonsepsi menggunakan skala Certainty of Response Index (CRI). Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, analisis tes miskonsepsi, penskoran tes miskonsepsi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis, dengan uji t menggunakan bantuan SPSS 16.0 menunjukkan nilai P-value (sig) , maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pengurangan miskonsepsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:02 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2553 |
Actions (login required)
View Item |